Beranda JAKARTA RAYA Survei : Ma’ruf Mendongkrak Suara Pemilih Muslim

Survei : Ma’ruf Mendongkrak Suara Pemilih Muslim

53
0

JAKARTA – Bakal calon presiden yang diusung Joko Widodo yakni Ma’ruf Amin bukan nama yang diperhitungkan sebelumnya. Kemunculan nama Ma’ruf membawa sejumlah perubahan perolehan suara Joko Widodo.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, mengungkap elektabilitas Joko Widodo melesat hingga 53,6 persen bila tanpa pasangan.

“Sebelumnya elektabilitas Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf sebesar 52,2 persen,” ucapnya di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa, 21 Agustus 2018.

Dia mengungkap ada tren penurunan yang terjadi pada elektabilitas Jokowi saat berpasangan dengan Ma’ruf. Efek cawapres terhadap capres bisa dilihat dari dinamika dukungan per segmen pemilih.

Hasil survei yang dilakukan LSI mulai 12-19 Agustus 2018 menunjukkan dipilihnya Ma’ruf sebagai cawapres meningkatkan dukungan pemilih muslim untuk Joko Widodo.

“Meski elektabilitas Jokowi mengalami penurunan pada segmen pemilih nonmuslim, kaum terpelajar, dan pemula,” ungkapnya.

Dia menuturkan elektabilitas Jokowi meningkat dari 51,7 persen menjadi 52,7 persen di segmen pemilih muslim setelah berpasangan dengan Ma’ruf.

“Segmen nonmuslim, sebelum berpasangan dengan Ma’ruf sebanyak 70,3 persen. Namun setelah berpasangan dengan Ma’ruf menurun jadi 47,5 persen,” ungkapnya.

Kemudian di segmen kaum terpelajar, yakni pendidikan di atas S1, elektabilitas Jokowi juga turun dari 50,5 persen menjadi 40,4 persen. Di segmen pemula juga menurun yakni dari 47,1 persen menjadi 39,5 persen.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah 1.200 responden yang dikumpulkan sejak 12-19 Agustus 2018. Teknik yang dilakukan yakni wawancara tatap muka responden, menggunakan kuesioner yang dilengkapi analisis media, indepth interview, juga FGD, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen ***

Sumber : Medcom.id/Kabarpolisi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here