185 hektar lahan di desa Mekar Sari jaya terendam akibat luapan sungai Rongkong.

SUARA RAGAM

Suarabhayangkara.com – Luwu Utara | Desa Mekarsari jaya kecamatan Baebunta Selatan, kabupaten Luwu Utara.10/08/2022

Dapat kiriman air sungai rongkong karna tak ada saluran pembuangan. terdampak dusun Palakka 10 KK terendam, Dusun utan lotong 80 hektar lahan persawahan kata Nasriati ,kepala dusun.Utan lotong menjelaskan bahwa banjir kali mengakibatkan lahan perkebunan terendam, sekitar,185 hektar. Terendam luapan sungai rongkong, mengakibatkan kerugian masyarakat desa Mekarsari jaya, tanaman bisa di bilang gagal panen.

luapan sungai Rongkong yang hingga saat ini terus mengalir belum ada tanda tanda ada surut malah tambah besar. Menenggelamkan lahan persawahan bisa gagal panen.ujar nya sementara itu kepala Dusun Hombes , Minggu talenten Menambahkan kalau Didaerahnya ada sekitar 14 kk dan dan sekitar 24 Ha lahan Milik warga terdampak banjir.

Baca Juga  Pemuda Pancasila Periuk Kota Tangerang Gelar Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim

Dari pantauan kepala dusun Palakka ,Vijaya Kusuma , di wilayah nya tampak warganya semua panik dengan banjir susulan. karna air sampai sekang belum surut.ujarnya

luapan air sungai Rongkong yang membuat warga panik mau kemana . telah merendam , rumah yang kena banjir berkisar 45 KK .upaya kepala Desa. Mekar sari Jaya kecamatan Baebunta selatan, VECHYU PANTAOUW tidak bisa berbuap apa apa cukup melihat dan memandangi kebun dan sawahnya penuh dengan air.ujarnya

Baca Juga  OLAHRAGA TENIS MEJA BERSAMA PETUGAS DAN WBP, DIREKTUR JENDERAL AHU ANTUSIAS DAN BERSEMANGAT

dalam mengatasi banjir tersebut bisa segera mendapat respon positif dan langkah konkrit dari pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah kabupaten Luwu Utara dan jajarannya.
Kepala Desa Mekarsari jaya. VECHYU PANTAOUW, menghimbau warga nya berhati hati.bahkan klau bisa tinggal kan rumah, liat kondisi betul betul Aman.

Luapan air sungai rongkong , tersebut.
Membuat warga panik dan mengalami kerugian ,lahan perkebunan dan persawahan terendam air padi yang di sawah nga keliatan. kepala desa yang akrab di panggil VECHYU. ini sangat berharap kepedulian dan bantuan dari pemerintah daerah.
Setidaknya saat ini kami sangat membutuhkan Alat berat.

memaksimalkan dan memudahkan menyelesaikan pekerjaan ini,ujar kepala desa Mekarsari jaya, kami berharap.
apabila tanggul penahan dan saluran pembuangan, itu terjadi setidaknya dapat mengatasi sebagian besar permasalahan banjir yang sampai saat ini terus merendam . Desa Mekarsari jaya kecamatan Baebunta selatan.

Baca Juga  Rayakan HUT RI Ke-77 Desa Klotok Semarakan Beberapa Rangkaian Kegiatan

masyarakat Desa Mekarsari jaya.dan brapa dusun yang terendam air luapan sungai rongkong . Wara tidak bisa memanfaatkan lahan pertanian mereka akibat terendam air.

Tak hanya itu, warga yang ada di Desa Mekarsari jaya, nga bisa memanfaatkan lahan pertanian nya, pemukiman warga dan jalan penghubung antara dusun nga bisa di lewati. akibat banjir luapan sungai rongkong.

(Yusuf).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.